Posted by bibil23 on Juni 03, 2016 in Tips Dan Trik | 1 comment
LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI
DI
JTV
DAN
BOC(Bali Orange Communications)
Disusun
untuk Melengkapi Tugas
Kunjungan
Industri dan Prakerin 2016
Penulis:
Muhammad
Bilal Zakariya
XI RPL 2
SMK Muhammadiyah 04 Boyolali
Tahun
Pelajaran 2015/2016
PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan ini Disampaikan untuk Memenuhi Persyaratan
Penyelesaian Kunjungan Industri (KI) SMK
MUHAMMADIYAH 04 BOYOLALI
Tahun pelajaran : 2015-2016
Disusun Oleh:
NAMA
: MUHAMMAD BILAL ZAKARIYA
NIS
: 13/4599
KELAS
: XI RPL-2
PROGRAM KEAHLIAN :Rekayasa
Perangkat Lunak(RPL)
Disahkan
Dan Disetujui Oleh:
Wali
Kelas
Guru Pembimbing
Hevie Ristyani S.Pd
Arif Joko
Sukatmo S.Kom
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur
kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya,
sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri di JTV dan BOC ini dapat
terselesaikan dengan baik tanpa kendala.Adapun penyusunan Laporan Kunjungan
Industri ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan
Industri, buku – buku pedoman, serta data-data dan keterangan dari pembimbing.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini tidak
lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini kami
menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1. Bapak
Alif Agus Sutrisno S.Pd. selaku kepala sekolah yang telah memberikan kesempatan
kepada kami untuk melaksanakan Kunjungan Industri.
2. Bapak
Heri Kristanto S.Pd selaku waka kesiswaan pembimbing lapangan Kunjungan
Industri yang telah membimbing kami
selama berada disana.
3. Bapak
Arif Joko S S kom. selaku ketua jurusan RPL.
4. Panitia
pelaksana Kunjungan Industri.
5.
Pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan , terima kasih atas bantuan dan do’a
restu yang berhubungan dengan kegiatan Kunjungan Industri.
Akhirnya, kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri
masih banyak kekurangan.Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk
itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi
kesempurnaan Laporan Praktik Industri ini.Demikian kata pengantar ini kami buat,
semoga dapat bermanfaat, khususnya
bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.
Boyolali,31
Mei 2016,
Muhammad
Bilal Zakariya
DAFTAR ISI
Halaman Judul...................................................................................................................................
Kata Pengantar...................................................................................................................................Pengesahan Sekolah..........................................................................................................................
Daftar Isi............................................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................................
1.1 Latar Belakang..........................................................................................................................
1.2 Tujuan Kunjungan Industri.......................................................................................................
1.3 Manfaat Kunjungan Industri.....................................................................................................
1.4 Lokasi Objek Kunjungan Industri Dan Wisata........................................................................
BAB II HASIL KUNJUNGAN......................................................................................................
2.1 JTV………………......................................................................................................................
2.2 BOC (Bali Orange Communication)...........................................................................................2.3 Pantai Pandawa ...........................................................................................................................2.4 Tari Barong .................................................................................................................................2.5 Monumen Braja Sandi…….........................................................................................................
BAB III PENUTUP........................................................................................................................
3.1 Simpulan.....................................................................................................................................
3.2 Saran...........................................................................................................................................
Lampiran Dokumen
Kata Pengantar...................................................................................................................................Pengesahan Sekolah..........................................................................................................................
Daftar Isi............................................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................................
1.1 Latar Belakang..........................................................................................................................
1.2 Tujuan Kunjungan Industri.......................................................................................................
1.3 Manfaat Kunjungan Industri.....................................................................................................
1.4 Lokasi Objek Kunjungan Industri Dan Wisata........................................................................
BAB II HASIL KUNJUNGAN......................................................................................................
2.1 JTV………………......................................................................................................................
2.2 BOC (Bali Orange Communication)...........................................................................................2.3 Pantai Pandawa ...........................................................................................................................2.4 Tari Barong .................................................................................................................................2.5 Monumen Braja Sandi…….........................................................................................................
BAB III PENUTUP........................................................................................................................
3.1 Simpulan.....................................................................................................................................
3.2 Saran...........................................................................................................................................
Lampiran Dokumen
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang
Kunjungan industri merupakan program kegiatan yang menghadirkan siswa kepada dunia kerja yang sesungguhnya dengan mengunjungi perusahaan – perusahaan yang sesuai denganj urusan masing – masing.Dengan mengunjungi perusahaan tersebut, siswa melakukan pembelajaran langsung berkaitan dengan urusanya mereka pilih.Tujuan dari program pengunjungan ini agar siswa semakin bertambah wawasannya, serta terpacu untuk membekali diri dengan keterampilan/keahlian agar dapat bersaing di dunia kerja.
Hal ini berhubungan dengan kegiatan keberlanjutan yang akan siswa lakukan setelah melakukan kunjungan industri. Kegiatan tersebut adalah melakukan praktik kerja industry. Dengan demikian, siswa semakin mengerti arah terapan dari bidang kerja yang nantinya mereka pilih setelah lulus dari smk. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka kami membuat laporan yang berjudul “laporan kunjungan industri di JTV dan BOC”.
1.2 TujuanKunjunanIndustri
Berikutadalahtujuandarikunjunganindustriyaitu :
• Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia
kerja.
• Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di
perusahaan.
• Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga
kerja perusahaan.
• Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan
tanggung jawab.
• Membantu siswa melaksanakan program diklat.
• Melihat secara langsung proses produksi dari awal
sampai akhir.
• Untuk Belajar (tidak
hanya tau teknik tapi juga praktik dan cara pemasarannya).
1.3 Manfaat Kunjungan Industri
• Mengenal lebih dekat tentang DU / DI
• Menambah pengalaman wawasan peserta didik di duniakerja.
• Menambah informasi yang belum di ketahui oleh pesertadidik.
• Dapat menyambung silaturrahmi antara pihak sekolah dengan perusahaan.
1.4 LokasiObjekKunjunganIndustri
• JTV
• BOC(Bali Orange Communications)
• Mengenal lebih dekat tentang DU / DI
• Menambah pengalaman wawasan peserta didik di duniakerja.
• Menambah informasi yang belum di ketahui oleh pesertadidik.
• Dapat menyambung silaturrahmi antara pihak sekolah dengan perusahaan.
1.4 LokasiObjekKunjunganIndustri
• JTV
• BOC(Bali Orange Communications)
•
Pantai Pandawa Bali
•
Tari
Barong
•
Monumen
Bajra Sandhi
•
Danau Bedugul
LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI
2.1 JTV
JTV
Surabaya
PT Jawa Pos Media Televisi |
|
Diluncurkan
|
|
Jaringan
|
|
Pemilik
|
|
Slogan
|
JTV
Rek
(2001-sekarang) Satus Persen Jatim (2008-2012) |
Kantor
pusat
|
|
Situs
web
|
|
Ketersediaan
|
|
Terestrial
|
|
60 UHF
|
|
Satelit
|
|
3946/V/7400
|
|
Saluran
739
|
|
JTV yang merupakan
singkatan dari Jawa Pos Media Televisi, adalah sebuah stasiun televisi regional di Kota Surabaya, Jawa Timur. JTV adalah televisi swasta regional pertama di
Indonesia sekaligus yang terbesar di Indonesia hingga saat ini. Jangkauan JTV
meliputi hampir seluruh provinsi Jawa Timur secara terestrial, juga bisa diterima diseluruh Indonesia, Malaysia, Brunei
Darussalam, Filipina dan sebagian Australia dengan parabola melalui satelit Palapa D, dan fasilitas televisi berlangganan Transvision, Groovia TV, UseeTV, HOMElinks, Innovate, First Media, BiG TV, dan viva+.
Stasiun
televisi ini merupakan anggota jaringan Jawa Pos TV dan dimiliki oleh Grup Jawa Pos, yang juga memiliki afiliasi surat kabar dan biro
JTV di Surabaya, Malang, Jember, Banyuwangi,
Galeri logo
Afiliasi JTV
- JTV Surabaya (Surabaya)
- JTV Malang (Malang)
- JTV Madiun (Madiun)
- JTV Kediri (Kediri)
- JTV Jember (Jember)
- JTV Madura (Madura)
- JTV Bojonegoro (Bojonegoro)
- JTV Pasuruan (Pasuruan)
- JTV Blitar (Blitar)
- JTV Banyuwangi (Banyuwangi)
- JTV Tuban (Tuban)
- JTV Ngawi (Ngawi)
- JTV Probolinggo (Probolinggo)
- JTV Situbondo (Situbondo)
- JTV Pacitan (Pacitan)
Acara saat ini
- Arena Spirit
- Jatim Awan
- Dialog Khusus
- Pojok 7
- Pojok Kampung
- Nusantara Kini
- Kabar Apik
- Warung VOA
- Bincang Sore
- Solusi Bisnis
- B-Cak Show
- Blakra'an
- Larasati
- Ndoro Bei
- Siapa Takut
- Islam Itu Mudah
- Stasiun Dangdut
- Zaman Batu
- Sssttt... Njajan Huwenak
- Solusi Sehat (Dahulu bernama Alternatif Jaga)
- Goro-Goro Kartolo
- Gak Cuma Cangkru'an
- Ngetoprak Kirun
- Oto-J
- Jurit Malam
- Dangdut Get
- Lejel Home Shopping
- Gogomall Home Shopping
Acara yang pernah ditayangkan
- Jatim Isuk
- Pendopo Rakyat
- Semanggi (Semangat Pagi)
- Berita Minggu
- Borgol
- Super Wani
- Super J (Dahulu bernama J-Trax)
- Ngaji Bareng Gus Mus
- Ngaji Blusukan
- Lawra Campursari Show
- GeRR
- Sosok
- Sore Hore
- Klethikan
- Bayu Skak
- S'topan
- Let's Go Dego
- Napak Tilas
- Senam Car Free Day (Dahulu bernama Senam Pokse)
- The Nylathu Show
- Selebrita Selebriti
- Kentrunk Funky
- Din Brodin
- JACO Home Shopping
- DRTV
- Ketawa Ketiwi JTV
- Happy Holy Kids (kerjasama dengan Spacetoon)
- Kidung Ceria bersama Vitacimin
- The A-Team
- Knight Rider
2.2 BOC (Bali
Orange Communication)
Profil Bali Orange Communications
Bali Orange Communications atau
disingkat BOC adalah sebuah perusahaan jasa web
design dan pemrograman website, penyedia web
hosting dan pendaftaran domain
name berekstensi internasional dan
Indonesia.BOC berdiri pada tanggal 25 Agustus 2003 dan sampai saat ini masih
tetap berkarya serta melayani pelanggan dari berbagai warna bidang
usaha.Website BOC bisa diakses menggunakan www.baliorange.net (whois) dan www.boc.co.id
(whois).
Basis operasional BOC adalah di Pulau Bali dengan cakupan produk dan layanan berskala Internasional.BOC melayani pelanggan tidak hanya di Bali, tetapi di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri.Dengan teknologi internet, kendala geografis bisa teratasi dengan mudah.
Tim kerja BOC mampu mengoperasionalkan program aplikasi web development seperti Adobe Dreamweaver, MS Frontpage, Adobe Photoshop, Adobe Flash, Corel Draw, dan program pendukung lainnya. Lingkungan bahasa pemrograman yang dihadapi meliputi CSS, HTML, PHP, Javascripts, AJAX, XML, dengan database MySQL. Lingkup manajerial web server meliputi penguasaan OS Linux dan Windows, network administrator, dan manajemen Cpanel dan WHM.Web server BOC berlokasi di Jakarta, Singapore dan USA, memastikan bisnis pelanggan tetap online 24 jam.
Basis operasional BOC adalah di Pulau Bali dengan cakupan produk dan layanan berskala Internasional.BOC melayani pelanggan tidak hanya di Bali, tetapi di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri.Dengan teknologi internet, kendala geografis bisa teratasi dengan mudah.
Tim kerja BOC mampu mengoperasionalkan program aplikasi web development seperti Adobe Dreamweaver, MS Frontpage, Adobe Photoshop, Adobe Flash, Corel Draw, dan program pendukung lainnya. Lingkungan bahasa pemrograman yang dihadapi meliputi CSS, HTML, PHP, Javascripts, AJAX, XML, dengan database MySQL. Lingkup manajerial web server meliputi penguasaan OS Linux dan Windows, network administrator, dan manajemen Cpanel dan WHM.Web server BOC berlokasi di Jakarta, Singapore dan USA, memastikan bisnis pelanggan tetap online 24 jam.
Visi Bali Orange Communications
Menikmati hidup dalam kebersamaan dan lingkup kreativitas agar selalu menghasilkan karya positif bagi diri pribadi dan masyarakat.
Menikmati hidup dalam kebersamaan dan lingkup kreativitas agar selalu menghasilkan karya positif bagi diri pribadi dan masyarakat.
Misi Bali Orange Communications
- Menciptakan kondisi nyaman dalam berkreativitas untuk kepentingan internal perusahaan dan pelanggan.
- Menjadi mitra strategis pelanggan dalam memanfaatkan teknologi informasi yang bernilai tinggi.
- Membumikan teknologi informasi bersama masyarakat.
- Menjadi perusahaan penyedia domain name dan web hosting terbesar dan berkualitas di Indonesia.
Motto
Worldwide Communications for The People.
BOC mampu sebagai perusahaan yang memastikan komunikasi pelanggan melalui teknologi informasi ke seluruh dunia.
Logo Bali Orange Communications
Citra hidup jeruk bali berwarna oranye yang bertangkai daun hijau, berkacamata dan tersenyum. Hak Cipta Logo BOC terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI No.C00201000863
Worldwide Communications for The People.
BOC mampu sebagai perusahaan yang memastikan komunikasi pelanggan melalui teknologi informasi ke seluruh dunia.
Logo Bali Orange Communications
Citra hidup jeruk bali berwarna oranye yang bertangkai daun hijau, berkacamata dan tersenyum. Hak Cipta Logo BOC terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI No.C00201000863
Arti logo :
- Tangkai melambangkan akar sejarah. BOC tidak melupakan sejarah kehidupan, dan secara terus menerus berkarya untuk menciptakan sejarah baru pada kehidupan saat ini dan masa datang.
- Daun hijau melambangkan alam dan lingkungan. BOC senantiasa yakin bahwa perjalanan hidup tergantung pula dari keseimbangan alam dan lingkungan sekitar.
- Warna oranye melambangkan keceriaan hidup. BOC selalu tanamkan kebahagiaan hidup dengan berfikir positif, gembira dan ceria.
- Buah jeruk melambangkan kesehatan jiwa dan raga. BOC akan selalu menjaga keseimbangan jiwa dan raga agar tetap sehat menjalani kehidupan.
- Kacamata melambangkan cara pandang dan pola pikir. BOC hidup dalam arus globalisasi, kacamata berfungsi sebagai penyaring dampak negatif globalisasi.
- Tersenyum melambangkan jati diri. BOC selalu hadapi semua tantangan hidup dengan senyuman.
Kontak BOC Indonesia
:: Bali (Head Office)
Jl. Narakusuma 11, Denpasar, Bali
Indonesia 80235
Telp : +62-85100448807
Fax : +62361-244737
Mobile phone : +628123676861 (Emergency, SMS, WhatsApp)
:: Informasi Layanan & Kontak BOC
Hari Kerja Kantor BOC : Senin - Sabtu.
Jam Kerja : 08.00 WITA - 03.00 (dinihari) WITA.
Libur : Minggu (Online/remote Technical Support). Hari Besar Keagamaan kantor tetap buka.
Waktu Layanan Technical Support 24 Jam (kantor, phone, sms, chat, email).
Jl. Narakusuma 11, Denpasar, Bali
Indonesia 80235
Telp : +62-85100448807
Fax : +62361-244737
Mobile phone : +628123676861 (Emergency, SMS, WhatsApp)
:: Informasi Layanan & Kontak BOC
Hari Kerja Kantor BOC : Senin - Sabtu.
Jam Kerja : 08.00 WITA - 03.00 (dinihari) WITA.
Libur : Minggu (Online/remote Technical Support). Hari Besar Keagamaan kantor tetap buka.
Waktu Layanan Technical Support 24 Jam (kantor, phone, sms, chat, email).
2.3 Pantai Pandawa Bali
Keindahan Pantai Pandawa Bali Yang Mempesona
Pantai Pandawa
Bali adalah
salah satu kawasan objek wisata yang berada di Bali tepatnya di Desa Kutuh,
Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Badung. Pantai Pandawa juga sering dikenal dengan
nama Pantai Kutuh, dan kadang juga disebut sebagai pantai rahasia (Secret
Beach) karena letaknya berada dibelakang tebing.
Saat
anda menyambangi pantai ini, terdapat tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi
dengan semak belukar. Dulunya akses jalan untuk menuju pantai Pandawa cukup
sulit, namun karena pantai ini memiliki keindahan yang sangat mempesona mata
pengunjung maka pemerintah setempat membuat atau membuka akses berupa jalan
sepanjang kurang lebih 1,5 km. Akses jalan yang dibuat cukup unik dan terlihat
megah karena jalannya diapit dengan tebing-tebing yang tinggi.
Selain tebing-tebing yang tinggi,
kalian juga akan mendapati patung-patung pewayangan lima pandawa yaitu patung
Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Kelima patung tersebut akan kita
dapati saat memasuki kawasan Pantai Pandawa. Kelima patung itu pula dipasang
didalam tebing-tebing, sehingga pengunjung yang datang akan melihat berjejer
kelima patung-patung tersebut secara berurutan.
Patung di Pantai Pandawa
|
Hal yang menarik lainnya yang bisa kalian dapati di
Pantai Pandawa adalah dengan pesona pantainya itu sendiri.Keindahan pantai
pandawa tidak perlu diragukan lagi
, sejak akses jalannya yang telah dimudahkan
kini pantai ini sering diramaikan oleh pengunjung, baik itu wisatawan domestik
maupun mancanegara.Suara deru air ombak disertai dengan hamparan pasir putih
yang mempesona menjadikan pantai ini layak dijadikan menjadi tempat liburan
anda dan juga keluarga.
Berbagai aktifitas yang bisa kalian lakukan di Pantai Pandawa ini. Anda bisa
berenang atau berduduk santai dipinggiran pantai sambil menikmati minuman air
kelapa segar disertai dengan sajian jagung bakar. Ataukah anda juga bisa
berjalan-jalan sambil melihat bagaimana para petani rumput laut sedang bekerja
dalam membudidayakan rumput laut. Pembudidayaan rumput laut sudah lama
dilakukan oleh masyarakat setempat sejak tahun 1980-an hingga sekarang. Dan
kini hasil pembudidayaan tersebut telah melakukan kerjasama dengan negara-negara
lain seperti Amerika dan Denmark.
2.4Tari Barong
Tari Barong
Kabupaten
Gianyar – Bali – Indonesia
Tari Barong adalah tarian khas Bali yang berasal dari
khazanah kebudayaan Pra-Hindu. Tarian ini menggambarkan pertarungan antara
kebajikan (dharma) dan kebatilan (adharma). Wujud kebajikan
dilakonkan oleh Barong, yaitu penari dengan kostum binatang berkaki empat,
sementara wujud kebatilan dimainkan oleh Rangda, yaitu sosok yang menyeramkan
dengan dua taring runcing di mulutnya.
Ada beberapa jenis Tari Barong yang biasa ditampilkan di
Pulau Bali, di antaranya Barong Ket, Barong Bangkal (babi), Barong Gajah,
Barong Asu (anjing), Barong Brutuk, serta Barong-barongan. Namun, di antara
jenis-jenis Barong tersebut yang paling sering menjadi suguhan wisata adalah
Barong Ket, atau Barong Keket yang memiliki kostum dan tarian cukup lengkap.
Kostum Barong Ket umumnya menggambarkan perpaduan antara
singa, harimau, dan lembu. Di badannya dihiasi dengan ornamen dari kulit,
potongan-potongan kaca cermin, dan juga dilengkapi bulu-bulu dari serat daun
pandan. Barong ini dimainkan oleh dua penari (juru saluk/juru bapang):
satu penari mengambil posisi di depan memainkan gerak kepala dan kaki depan
Barong, sementara penari kedua berada di belakang memainkan kaki belakang dan
ekor Barong.
Secara sekilas, Barong Ket tidak jauh berbeda dengan
Barongsai yang biasa dipertunjukkan oleh masyarakat Cina. Hanya saja, cerita
yang dimainkan dalam pertunjukan ini berbeda, yaitu cerita pertarungan antara
Barong dan Rangda yang dilengkapi dengan tokoh-tokoh lainnya, seperti Kera
(sahabat Barong), Dewi Kunti, Sadewa (anak Dewi Kunti), serta para pengikut
Rangda.
Keistimewaan
Tari Barong terletak pada unsur-unsur komedi dan unsur-unsur mitologis yang
membentuk seni pertunjukan. Unsur-unsur komedi biasanya diselipkan di
tengah-tengah pertunjukan untuk memancing tawa penonton. Pada babak pembukaan,
misalnya, tokoh kera yang mendampingi Barong membuat gerakan-gerakan lucu atau
menggigit telinga lawan mainnya untuk mengundang tawa penonton.
Sementara itu, unsur mitologis terletak pada sumber
cerita yang berasal dari tradisi pra-Hindu yang meyakini Barong sebagai hewan
mitologis yang menjadi pelindung kebaikan. Unsur mitologis juga nampak dalam
pembuatan kostum Barong yang bahan dasarnya diperoleh dari kayu di
tempat-tempat yang dianggap angker, misalnya kuburan. Unsur mitologis inilah
yang membuat Barong disakralkan oleh masyarakat Bali. Selain itu, Tari Barong
juga seringkali diselingi dengan Tari Keris (Keris Dance), di mana
para penarinya menusukkan keris ke tubuh masing-masing layaknya pertunjukan
debus.
Tari
Barong dapat disaksikan di beberapa tempat di Kabupaten Gianyar, Bali, di
antaranya di Pura Dalem Ubud yang biasanya mulai dipentaskan pada jam 19.30
WITA, serta di beberapa sanggar seni di Desa Batubulan yang dipentaskan pada
jam 09.30 WITA.
Untuk
menonton seni pertunjukan ini, wisatawan dapat menuju Desa Batubulan melalui
Kota Denpasar, Ibu Kota Provinsi Bali. Dari Kota Denpasar, Batubulan berjarak
sekitar 10 km atau membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan
pribadi maupun kendaraan umum (taksi/mobil carteran). Sementara, jika wisatawan
memulai perjalanan dari Pantai Kuta atau kawasan Nusa Dua, dibutuhkan waktu +45
menit.
Untuk
menyaksikan pertunjukan Tari Barong, wisatawan domestik maupun mancanegara
dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 per orang. Dengan membayar tiket sejumlah
itu, wisatawan juga akan memperoleh panduan cerita pementasan dalam bentuk
cetak dengan berbagai pilihan bahasa, antara lain bahasa Indonesia, Inggris,
Perancis, Italia, Jepang, dan Mandarin.
Selain
menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga dapat menyewa jasa travel untuk menonton tarian ini. Penyedia jasa travel umumnya telah memiliki jadwal tetap pertunjukan
Tari Barong di Desa Batubulan. Namun, apabila ingin lebih leluasa dengan agenda
wisata yang diinginkan, wisatawan dapat menyewa mobil carteran dengan biaya
sewa yang dihitung per hari.
Kecuali menyaksikan pertunjukan tari, salah satu agenda
wisata yang bisa dilakukan di desa ini adalah berbelanja aneka cenderamata yang
dijual oleh toko-toko suvenir maupun galeri seni yang ada di sepanjang jalan di
Desa Batubulan. Benda-benda seni seperti patung maupun ukiran merupakan
cenderamata khas dari desa ini. Apabila memerlukan akomodasi dan fasilitas seperti
penginapan (losmen, hotel melati, maupun hotel berbintang), warung makan, serta
tempat hiburan malam, maka wisatawan dapat menemukannya di kota terdekat, yaitu
Kota Denpasar.
2.5Monumen Braja Sandi
Museum Bajra Sandi
Museum Bajra Sandi merupakan Monumen
Perjuangan Rakyat Bali yang terletak di areal lapangan Niti Mandala Denpasar,
Jl. Raya Puputan.Museum ini dibangun dengan meniru mentuk bajra yang sering
digunakan oleh pemangku/sulinggih. Museum ini dibangun di atas tanah seluas
13,8 hektar dengan luas gedung 70 x 70 meter. Museum ini diresmikan oleh
Presiden Megawati Soekarno Putri pada tanggal 14 Juni 2003.
Museum ini menjadi simbol masyarakat Bali untuk
menghormati para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa
perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke
zaman, serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari 17 anak tangga yang ada
di pintu utama, 8 buah tiang agung di dalam gedung monumen, dan monumen yang
menjulang setinggi 45 meter.
Bentuk museum ini diambil berdasarkan cerita Hindu
pada saat Pemutaran Gunung Giri Mandara oleh Para Dewa dan Raksasa guna
mendapatkan Tirta Amertha atau Air Suci Kehidupan.
Dinamakan Museum Bajra Sandi karena bentuk museum ini
seperti Bajra atau Genta yang dipakai oleh para pemimpin Agama Hindu dalam
mengiringi pengucapan japa mantra pada saat melakukan upacara Agama Hindu.
Adapun bagian-bagian yang penting dalam museum ini adalah sebagai berikut :
- Bangunan Museum yang menjulang melambangkan Gunung Giri Mandara.
- Guci Amertha dilambangkan dalam bentuk Kumba (periuk) tepat bagian atas museum.
- Naga yang melilit museum melambangkan Naga Basuki yang digunakan sebagai tali dalm pemutaran Giri Mandara.
- Kura-kura yang terdapat di bagian bawah museum merupakan simbul dari Bedawang Akupa yang digunakan sebagai alas pemutaran Giri Mandara.
- Kolam yang terdapat disekeliling museum merupakan simbul dari Lautan Susu yang mengelilingi Giri Mandara tempat beradanya Air Suci Kehidupan atau Tirtha Amertha.
Visi dan Misi Museum Bajra Sandi
a.
Visi
Terwujudnya kelestarian nilai-nilai kepahlawanan,
keperintisan, dan kejuangan dalam mendukung pelestarian dan pengembangan
budaya.
b.
Misi
- Melestarikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap warisan budaya berupa berupa nilai-nilai kepahlawana, keperintisan, dan kejuangan khusunya di hati generasi muda penerus bangsa.
- Melaksanakan kajian-kajian ilmiah tonggak-tonggak sejarah perjuangan rakyat Bali.
Madya Mandala
Secara
horizontal, museum ini menggunakan konsep Tri Mandala, yaitu:
1. Utama Mandala, yaitu bagian gedung utama yang
paling megah.
2. Madya Mandala, yaitu pelataran yang mengitari
Utama Mandala.
3. Nista Mandala, yaitu pelataran paling luar yang
mengitari Madya Mandala.
Secara
vertikal, museum ini mengadopsi konsep Tri Angga, meliputi:
- Utamaning Utama Mandala, yaitu lantai teratas gedung, dan digunakan sebagai Ruang Peninjauan. Dari sini kita dapat melihat suasana di sekitar gedung dengan jelas. Untuk mencapai tempat ini kita harus menaiki tangga melingkar yang cukup tinggi.
- Madyaning Utama Mandala, yaitu lantai dua gedung, digunakan sebagai Ruang Stage Diorama. Di ruang ini kita dapat melihat 33 diorama yang menampilkan sejarah perkembangan dan pergerakan rakyat Bali dari masa ke masa. Selain diorama, ada juga keris
- Nistaning Utama mandala, merupakan lantai dasar gedung ini. Di sini ada berbagai ruangan, meliputi Ruang Informasi, Ruang Administrasi, Ruang Pameran yang menampilkan foto-foto pahlawan dan peristiwa di Bali, Ruang Perpustakaan yang berisi buku-buku yang berkaitan dengan sejarah Bali, dan Ruang Rapat serta toilet.
Selain ruangan-ruangan tersebut, di lantai dasar
dapat juga dijumpai telaga yang berada di dasar bagian tengah gedung, dinamakan
Puser Tasik.Di telaga ini terdapat delapan Tiang Agung.Di tengah kolam terdapat
tangga yang menghubungkan lantai dasar sampai lantai teratas, dinamakan Tangga
Tapak Dara.
Di bagian luar gedung ini, kita dapat melihat Bale
Bengong di keempat penjuru museum untuk peristirahatan para wisatawan.Selain
itu, di bawah tangga masuk juga terdapat kolam berisi ikan hias.Di bagian
paling luar, terdapat lapangan yang bisa digunakan untuk lari pagi.
Museum ini dibuka setiap hari pukul 08.30-17.00 WITA,
terkecuali hari besar Agama di Bali.Untuk masuk Anda harus membayar tiket masuk
sebesar Rp 2.000,00 per orang untuk orang dewasa dan Rp 1.000,00 per orang
untuk pengunjung anak-anak.
2.6Danau Bedugul
Keindahan Danau Bedugul Di Pulau Bali
Danau Bedugul Di Pulau Bali ini sebenarnya memiliki nama Danau Beratan. Bedugul sendiri merupakan nama dari sebuah desa di Bali. Karena obyek wisata di daerah ini terkenal dengan danaunya maka orang-orang menyebutnya dengan Danau Bedugul.Keindahanya dapat terlihat dari sebuah pure yang ada di tengah-tengah danau.Selain itu perpaduaan dengan indahnya panorama alam di sekitar danau, menjadikan Danau Bedugul cukup favorit dikalangan para wisatawan.
Danau Bedugul merupakan Danau terluas kedua di Bali setelah
Danau batur.Berada pada ketinggian 1239 mdpl, membuat suasana disini begitu
sejuk.Kabut yang menyelimuti danau dengan hembusan angin yang menciptakan
riak-riak kecil menambah kesan magis tersendiri.Keindahan alam berupa
pegunungan yang melatar belakangi Danau Bedugul cukup memberikan penyegaran
pada kedua mata. Keindahan lain terlihat dengan adanya pura yang ada di
tengah-tengah danau. Pura tersebut bernama Pura Ulun Danu.Pura yang terletak di
Desa Beratan ini memiliki arsitektur yang sangat khas dan mencirikan Bali.Pura
Ulun Danu memiliki atap yang bertingkat ada yang memiliki 7 tingkat, 11 tingkat
dan adapula yang hanya 3 tingkat.Atap bertingkat tersebut sebagai simbul 3 Dewa
yang diperyai oleh masyarakat penganut agama Hindu di Bali. Pura dengan 11
tingkat menyimbulkan Dewa Wisnu, 7 tingkat menyimbulkan dewa Brahma sedangkan 3
tingkat menyimbulkan Dewa Siwa. Jika sobat ingin melihat keindahan Pura Ulun
Danu ini tengoklah pada uang kertas 50 ribu.
Danau Bedugul memiliki kedalaman
hingga 23 meter.Para wisatawan biasanya menikmati keindahan Danau Bedugul
dengan menggunakan perahu untuk mengelilingi danau.Banyak juga pasangan
muda-mudi menggunakan lokasi Danau Bedugul di Bali untuk berfoto-foto bahkan
untuk foto pre-wedding.Selain digunakan sebagai obyek wisata, Danau ini
digunakan sebagai sumber air untuk irigasi oleh masyarakat sekitarnya. Beberapa
fasilitas penunjangpun cukup lengkap diantaranya toilet, area parkir yang luas,
warung-warung dengan menu yang cukup menggugah selera, serta taman bermain
untuk anak. Bagi sobat yang ingin berlama-lama disini, sobat bisa memilih
beberapa penginapan yang pas dengan isi kantong.Akses jalan menuju Danau Bedugul sejatinya sangat mudah,
mengingat lokasinya yang berada di tepi Jalan Raya yang menghubungkan antara
Singaraja dan Tabanan.Secara tepatnya Danau Bedugul terletak di Candi Kuning,
baturiti, Kabupaten Tabanan. Jika ditempuh dari Denpasar memerlukan waktu
setidaknya 1 jam atau berjarak 55 Km.
PENUTUP
3.1 Simpulan
Setelah pelaksanaan kunjungan industri ini, penulis mendapat banyak pengalaman dan kesimpulan dari kegiatan tersebut.Yaitu agar siswa-siswi mengetahui bagaimana dunia kerja diindustri pertelevisian, dan mendapat banyak pelajaran yang tidak terdapat pada pelajaran biasanya.
Pelaksanaan kunjungan industri ini telah memberikan banyak sekali pengalaman bagi siswa-siswi tentang dunia kerja pertelevisian, mulai dari praproduksi, produksi, dan pascaproduksi yang ada distasiun televisi.Pengalaman ini menjadi bahan baru bagi penulis untuk melengkapi teori-teori yang telah didapatkan di sekolah.
3.2 Saran
Saran ini kami tujukan untuk sekolah kami tercinta “SMK Muhammadiyah 04 Boyolali”
• Sekolah hendaknya jeli melihat PT yang akan dijadikan objek kunjungan industri.
• Sebaiknya sekolah menyediakan PT atau tempat kunjungan industri yang lain untuk dijadikan perbandingan.
• Diharapkan agenda program kunjungan industri tetap berjalan setiap tahun.
• Kunjungan industri sebaiknya dilaksanakan dengan biaya yang terjangkau oleh siswa.
• Kegiatan kunjungan industri dilaksanakan pada awal semester, supaya siswa sudah mempunyai gambaran tentang materi yang akan disampaikan.
Lampiran Dokumentasi
:
good
BalasHapus